DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Cara Membuat Open File menggunakan GUI Matlab

Apakah kalian tahu apa itu MALTLAB, yang sudah jadi sarjana matematika dan IT pasti tahu dooonk , hehehehe..... MATLAB adalah singkatan dari Matrix Laboratory yang diciptakan pada tahun 1970-an oleh Cleve Moler, yang kemudian menjadi ketua departemen ilmu komputer di Universitas New Mexico. Ia merancangnya untuk memberikan akses bagi mahasiswa dalam memakai LINPACK dan EISPACK (program untuk komputasi matrix)  tanpa harus mempelajari fortran. Itulah sejarah singkat dari MATLAB yang terus berkembang hingga saat ini. Ok kalau begono, langsung saja ke topik awal kita, yaitu cara membuat aplikasi open file (memasukan gambar) ke dalam sebuah aplikasi pengolahan citra yang akan kita buat. Teman-teman sudah tahu donk tentang GUI yang ada di MATLAB, kali ini kita akan menggunakan GUI tersebut untuk membuat aplikasinya. 

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah berdo'a, hehehehe.... supaya nanti bisa lancar dan diberi kemudahan oleh Allah S.W.T., selanjutnya langsung saja buka MATLAB kalian, di sini saya memakai yang versi 7.8 atau R2009a. Kalau sudah terbuka, lanjutkan dengan membuka GUI yang di MATLAB dengan cara klik FILE kemudian NEW dan klik GUI, penampakannya seperti di bawah ini nih

setelah muncul jendela kaya gini, pilih yang atas sendiri (GUI default) jika ingin yang kosongan, kemudian langsung aja klik OK.


taraaaa, ini dia yang disebut dengan GUI MATLAB. 


Bagaimana sodara, apakah siap untuk membuat sebuah karya luar biasa .. hehehe, kalau sudah siap, langkah pertama siapkan dulu cemilannya, biar semangat ngodingnya nanti.

pertama kita buat desain GUI nya dengan "axes", axes ini berguna untuk meletakan citra.


Jika sodara ingin menambahkan tulisan, ya silahkan, misalnya seperti open file atau buka gambar, yaitu dengan menggunakan "static text", caranya double klik pada static text dan ubahlah pada "string" menjadi tulisan yang anda inginkan.


Setelah itu kita buat tombol button nya, tombol ini nantinya digunakan untuk memerintah. Caranya dengan menggunakan "push Button" lalu ganti tulisanya menjadi open, caranya sama dengan di atas.

Alhamdulilah, tampilan intrfacenya sudah jadi, hehehe.... tapi tunggu dulu, walaupun bentuk awal dari aplikasi sudah jadi, bukan berarti program yang kita buat sudah selesai, ini masih langkah awal untuk membuat sebuah program. Selanjutnya adalah langkah yang paling sulit dalam membuat sebuah program, yaitu memasukan coding karena kita harus benar-benar teliti di sini supaya program tidak terjadi error nantinya. Di bawah ini langkah-langkah nya.

1. Pilih tombol Buton, kemudian klik kanan, cari view callback dan kemudian klik callback seperti gambar di bawah ini. Sebelumnya program kita harus disimpan terlebih dahulu.


Kemudian akan muncul page baru, yaitu tempat untuk memasukan codingnya.



2. Jika tempat untuk codingnya sudah muncul, biar gampang dan gak ribet, langsung saja copy kan skrip di bawah ini, hehehe... tau donk caranya copas (copy paste), yaitu tekan pada keyboard ctrl+c untuk mencopy dan ctrl+v untuk paste. 

[nama_file1,nama_path1]=uigetfile({'*.jpg';'*.png';'*.bmp'},'membuka gambar');
if~isequal(nama_file1,0)
handles.data1=imread(fullfile(nama_path1,nama_file1));
guidata(hObject,handles);
handles.current_data1=handles.data1;
axes(handles.axes1);
imshow(handles.current_data1);
end

Supaya tidak bingung, langsung saja lihat capture di bawah ini


Jika sudah yakin, klik run 


dan beginilah hasilnya. hehehe.... 


supaya tampilannya bisa menarik, anda dapat menambahkan panel dan mengedit axes supaya tidak ada angka yang muncul. cara mengedit axes, tinggal klik dua kali axes nya, lalu cari tulisan XTrix dan YTrix, kemudian hapus angka yang ada di dalamnya. Anda juga bisa merubah warna nya sesuai keinginan anda.

Dan ini adalah hasinya

Cukup mudah bukan , sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiiin...
Ditunggu komenya sodara-sodara . terimakasih.








Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Membuat Open File menggunakan GUI Matlab"

tinggalkan komentar di bawah ini